by

Memilih teman di dalam Islam

*Kajian Rutin Jum’at Malam*19.01.2018
Pemateri: KH.Bakir Mohammad Noer
Pensyarh: -?Dari pesantren Cendekia

Tema: Memilih teman didalam Islam
Peserta pengajian: 55 Orang (putra dan putri)

Poin1
Nabi  Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita agar mendekat dan bersahabat dengan orang yang dapat memberikan kebaikan, pencerahan dan ketenangan.

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالْجَلِيسِ السَّوْءِ كَمَثَلِ صَاحِبِ الْمِسْكِ ، وَكِيرِ الْحَدَّادِ ، لاَ يَعْدَمُكَ مِنْ صَاحِبِ الْمِسْكِ إِمَّا تَشْتَرِيهِ ، أَوْ تَجِدُ رِيحَهُ ، وَكِيرُ الْحَدَّادِ يُحْرِقُ بَدَنَكَ أَوْ ثَوْبَكَ أَوْ تَجِدُ مِنْهُ رِيحًا خَبِيثَةً

“Seseorang yang duduk dengan orang sholih dan orang yang jelek adalah bagaikan berteman dengan pemilik minyak misk dan pandai besi. Jika engkau tidak dihadiahkan minyak misk olehnya, engkau bisa membeli darinya atau minimal dapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau dapat baunya yang tidak enak.” (HR. Bukhari no. 2101, dari Abu Musa)

Seorang ulama kalangan syafiiah yaitu Al hafidz Ibnu Hajar Al Asqolani mengatakan, “Hadits ini menunjukkan larangan berteman dengan orang-orang yang dapat menghancurkan agama maupun dunia kita. Selain itu hadits ini memotivasi kita agar bergaul dengan orang-orang yang dapat memberikan ketenangan dan saling mencerahkan masalah dunia _akhirat kita.

Poin2
Look !! Our friends arround….
Rasulullah shallallahu ‘alaihi  wa sallam bersabda,

الْمَرْءُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ

“Seseorang akan mencocoki kebiasaan teman karibnya. Oleh karenanya, perhatikanlah siapa yang akan menjadi teman karib kalian”. (HR. Abu Daud no. 4833, Tirmidzi no. 2378, Ahmad 2/344, dari Abu Hurairah.

Al imam Al Ghozali rahimahullah berkata “Bersahabat dengan orang-orang yang pelit, akan berdampak kita tertular pelitnya. Sedangkan bersahabat dengan orang yang full of Qona’ah akan membuat kita juga ikut memiliki hati yg tidak pernah kering dari ikhlas dan mengingat Allah. Perlu diingat!!sahabat yang baik adalh yang memberikan efek kebaikan pula.

Oleh karena itu, lets be smart dalam memilih teman bergaul. Jauhilah teman bergaul yang jelek jika tidak mampu merubah mereka. Jangan terhanyut dengan pergaulan yang malas-malasan dan penuh kejelekan. Banyak sekali yang menjadi baik karena pengaruh teman dan atmospher yang baik. Yang sebelumnya malas shalat atau malas shalat jama’ah, akhirnya mulai rajin. Sebaliknya, banyak yang menjadi rusak pula karena lingkungan yang tidak baik.

Program ini diselenggarakan oleh Komisi 1 Bid. Pendidikan dan Bid.Dakwah Dewan Dakwah Islamiyah Banyumas.
Info ini disampaikan oleh: Humas PonPes Cendekia Dewan Dakwah Islamiyah Banyumas.
Info pengajian ikhwan hub: Dzaiburrahman.S.Apt (081327469993)
Info kajian muslimah hub: Dra.Hjh.Eva Paulina, M.Sc ( di kesekertariatan: Lisa Ayu.CP, S.S 087732549028 WA)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed