by

Pentingnya Nasehat

      Dalam kehidupan ini untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan, seseorang  membutuhkan nasihat. Kebutuhan akan nasihat ini lebih penting daripada kebutuhan terhadap makan dan minum. Sebab dengan nasihat seseorang akan terarah hidupnya dan dengan nasihat ia akan tenang menjalani kehidupan ini. Sebaliknya walaupun kebutuhan makan dan minum sudah terpenuhi tapi kalau kebutuhan terhadap nasihat belum tercapai, maka ia akan menjalani hidup dengan penuh kebimbangan, hidupnya tidak menentu dan terombang-ambing di tengah gelombang kehidupan.

   Harta yang sangat dibutuhkan oleh setiap mukmin baik laki-laki maupun perempuan, yaitu tentang “Nasihat”.  Rasulullah menyimpulkan bahwa nasehat adalah inti dari agama Islam  secara keseluruhan. Nasehat merupakan misi dan risalah  seluruh  Nabi dan Rosul yang diutus ke dunia ini.

Lalu apakah makna dari nasehat tersebut ?

Nasihat adalah akar kata dari nashaha-yanshahu-nushaa, yang berarti; kemurnian dan ketulusan. Nasihat sebagaimana yang diungkapkan oleh Imam Al Khattoby adalah keinginan yang tulus dari seorang penasehat agar orang dinasehati mendapatkan kebaikan.

URGENSI NASIHAT.

Ayyuhal ikhwan ! nasihat adalah prinsip dasar yang sangat penting dalam agama islam. Nasihat merupakan pilar tegakknya agama islam, Rasulullaoh bersabda:

قال النبي : «الدين النصيحة، الدين النصيحة، الدين النصيحة، قالوا: لمن يا رسول الله؟ قال: لله ولكتابه ولرسوله ولآئمة المسلمين وعامتهم»  (رواه مسلم)

“Agama adalah nasehat, agama adalah nasehat, agama adalah nasehat. Para sahabat bertanya : “untuk siapa ya Rasululloh ?”. Rasululloh bersabda : “Untuk Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya, para pemimpin dan untuk seluruh kaum muslimin. (HR. Muslim)

Hadis ini memberikan satu pengertian bahwa nasihat adalah hal yang sangat penting dalam ajaran islam. Nasihat adalah prinsip dasar yang mempunyai obyek dan ruang yang luas. Nasehat ini mencakup nasehat kepada Allah, kepada kitab-kitab Allah, kepada Rasul, kepada pemimpin dan seluruh kaum muslimin. Maka kapan saja seorang berdiri tegak melakukan nasihat, berarti  ia telah berusaha menyempurnakan agamanya. Dan kapan saja seseorang diam dan  tidak melaksanakan nasihat berarti kurang sempurnalah agamanya. Sempurna atau  kurangnya kwalitas agama seseorang berbanding lurus dengan berdiri tidaknya ia melaksanakan tugas nasihat tersebut.

NASEHAT UNTUK ALLAH

Obyek pertama dari nasihat seperti yang dijelaskan oleh Rasululloh adalah nasehat untuk Allah. Secara sekilas barang kali kita akan mengatakan : “Mana mungkin kita akan bernasihat untuk Allah  karena Allah adalah yang Maha Mengetahui dan Maha Bijkasana?, Tapi yang dimaksud dengan nasihat kepada Allah adalah “memurnikan ibadah hanya kepada-Nya,  bersikap tulus ikhlas dalam beramal untuk-Nya, selalu menghadirkan kejujuran niat dan tujuan dalam mencari keridaan-Nya, sebab salah satu makna dari nasihat adalah kemurnian dan ketulusan.

Nasihat kepada Allah ini, bisa diinplementasikan melalui sikap manusia yang memposisikan dirinya benar-benar sebagai hamba Allah. Ia selalu menerima dan ridha terhadap semua ajaran agama-Nya, ia  berlapang dada terhadap ketentuan nasib yang telah ditentukan untuknya, dan merasa cukup dengan  pemberian Allah, menjunjung tinggi  perintah-perintah-Nya, menjauhi larangan-larangan-Nya. Dan nasihat kepada Allah juga diperlihatkan dengan bersikap ikhlas pada semua amalnya, ia tidak bermaksud pamer atau ingin didengar dan diketahui oleh manusia.

NASEHAT UNTUK KITAB ALLAH

Yang kedua adalah nasehat untuk kitab Allah, yang dimaksud dengan  nasehat untuk kitab Allah adalah ketulusan dan kesungguhan membaca dan mengkaji  kitab Allah, kebulatan tekad untuk menjunjung tinggi perintah-perintah Allah dan menjauhi segala larangannya, membenarkan berita-berita yang ada padanya, membela dan menjaganya dari usaha penyelewengan oleh para penyesat. Dan berkeyakinan bahwa Al Qur’an  adalah kalam Allah, yaitu ucapan Allah yang dengannya Ia berbicara dan  disampaikan kepada malaikat Jibril serta diturunkan kepada Nabi Muahmmad saw.

NASEHAT UNTUK NABI

Yang ketiga nasihat  untuk nabi. Nabi adalah orang yang menjadi penghubung antara Allah dan hamba-Nya. Setiap informasi yang diturunkan Allah  kepada manusia  selalu dengan perantara nabi yang dipercaya. Atas dasar kepercayaan itulah maka mereka menyampaikan pesan Allah kepada hambaNya. Oleh sebab itu seorang hamba tidak akan pernah mengenal Tuhannya tanpa perantara nabi, seorang hamba tidak akan mengetahui mana yang baik mana yang buruk tanpa jasa dari nabi. Maka atas jasa para nabi itu kita mendapat  kewajiban  untuk bernasihat kepada nabi. Dan nasihat ini tentunya tergambar melalui ketulusan untuk  mencintainya, mengikutinya secara lahir batin, membelanya ketika beliau masih hidup ataupun setelah meninggal dunia, dan mengutamakan ucapan petunjuknya daripada  ucapan  petunjuk orang lain.

NASEHAT  UNTUK PARA PEMIMPIN KAUM MUSLIMIN

Yang keempat sebagai obyek nasihat adalah nasehat untuk para pemimin kaum muslimin. Pemimpin adalah orang yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan ini, karena dengan pemimpin hidup akan menjadi harmonis, dengan pemimpin hidup akan teratur. Maka sudah sewajarnya kita sebagai umat yang dipimpin untuk memberikan nasihat kepada mereka.

Dan nasihat kepada pemimipin ini tersalur dengan cara memberikan kesetiaan yang tulus kepada mereka, memberikan masukan yang baik dan bermamfaat serta membangun, baik dalam urusan agama ataupun dunia, membantu dan mendukung mereka dalam menegakkan tugas, mendengar dan mentaati perintah mereka selama tidak memerintahkan kepada maksiat, serta meyakini bahwa mereka adalah para pemimpin yang patut untuk diikuti perintahnya.

lawan dari nasihat kepada pemimpin adalah penolakan dan pembangkangan terhadap mereka yang mengakibatkan perpecahan dan kekacauan yang tak berujung.

Sungguh jika diperbolehkan bagi setiap orang menegakkan kepalanya, dan berbangga dengan pendapatnya, bahwa pendapatnya yang paling  benar, dan dialah  orang yang hebat dan jenius tidak ada yang menyamainya, maka pasti terjadi malapetaka  dan kekacauan.   ( M.Syahid Asgar Al-Hafidz)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed